Sabtu, 29 Juni 2013

Robot Kirobo Bisa Bicara Siap Diterbangkan ke Luar Angkasa


Robot Kirobo Bisa Bicara Siap Diterbangkan ke Luar Angkasa
Robot Kirobo

Liputan6.com, Tokyo : Robot humanoid yang bisa bicara -- Kirobo -- siap diluncurkan ke luar angkasa untuk membantu astronot melakukan penelitiannya di International Space Station (ISS).

Sebelum dikirim ke stasiun luar angkasa, para peneliti dan pengembang proyek Kirobo memamerkan kemampuan robot tersebut dalam berkomunikasi. Kirobo diartikan sebagai 'Hope Robot' alias robot harapan.

"Rusia adalah yang pertama pergi luar angkasa, AS yang pertama pergi ke bulan, kita ingin Jepang menjadi yang pertama yang mengirim robot astronot ke ruang angkasa yang dapat berkomunikasi dengan manusia," kata Yorichika Nishijima, proyek manajer Kirobo.

Proyek Kirobo merupakan kolaborasi antara perusahaan periklanan dan PR Dentsu Inc., Research Center for Advanced Science and Technology di University of Tokyo, Robo Garage dan Toyota Motor Corp.

CEO Robo Garage Co. yang juga profesor di Universitas Tokyo, Tomotaka Takahashi berharap robot Kirobo nantinya dapat membantu para astronot yang bekerja di luar angkasa. Demikian dikutip dari AP, Jumat (28/6/2013).

Kirobo dapat berkomunikasi dua arah dengan menggunakan bahasa Jepang dan dapat melakukan banyak gerakan seperti manusia. Kirobo juga mampu mengenali wajah manusia dan bahasa tubuh, serta merespon.

Kirobo dirancang untuk kepentingan pendidikan, bukan sebagai robot eksplorasi. Ia didesain untuk dapat mengingat sejarah sci-fi. Robot ini memiliki kemampuan untuk belajar melalui percakapan.

Dari sisi ukuran, Kirobo jauh lebih kecil dari kebanyakan robot yang dikirim ke luar angkasa. Tingginya hanya sekitar 34 cm dengan bobot 1 kg.

Pada saat demonstrasi, general manager proyek dari Toyota Fuminori Kataok menanyakan apa impian Kirobo. "Aku ingin menciptakan masa depan di mana manusia dan robot bisa hidup bersama dan rukun," jawab Kirobo.

Kirobo dijadwalkan akan diluncurkan dari Tanegashima Space Center pada tanggal 4 Agustus 2013.
http://tekno.liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar