Sabtu, 29 Juni 2013

Kecepatan Internet di Eropa Rata-rata `Hanya` 19,7 Mbps


Kecepatan Internet di Eropa Rata-rata `Hanya` 19,7 Mbps


Liputan6.com, Brussels : Meski terbilang kawasan dengan negara maju, kecepatan internet di Eropa ternyata terbilang lambat. Menurut Komisi Eropa, kecepatan rata-rata internet di Eropa lebih lambat 25 persen dari yang diiklankan oleh penyedia layanan internet.

Dilansir dari laman BBC yang Liputan6.com, Jumat (28/6/2013), kecepatan rata-rata internet untuk fixed broadband atau non-mobile broadband di Eropa sekitar 19,7 Mbps. Padahal hingga akhir 2013 Komisi Eropa menargetkan kecepatan fixed broadband hingga 30 Mbps. Baru kemudian di akhir 2020 Komisi Eropa menargetkan kecepatan 100 Mbps.

Angka rata-rata ini seperempat lebih sedikit dari yang dijanjikan penyedia layanan. Selama ini iklan "kecepatan hingga (dalam angka tertentu)" tidak didapatkan konsumen. Biasanya kecepatan rata-rata yang dijanjikan sekitar 27 Mbps.

Studi ini dilakukan dengan menganalisis data terhadap setidaknya 9.000 rumah tangga di Eropa. Dalam studi ini dilakukan 75 juta tes dan menguji 3 miliar data.

Adapun rinciannya, layanan broadband via kabel mendapatkan kecepatan 91,4 persen dari yang diiklankan penyedia layanan internet. Sedangkan yang melalui fiber optik mendapatkan 84,4 persen dari kecepatan yang dijanjikan. Adapun pengguna ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) merupakan yang terburuk di antaranya jaringan darat, hanya sekitar 63,3 persen.

Pemerintah Inggris telah menargetkan ingin mendapatkan akses broadband yang lebih cepat untuk 95 persen populasi pada 2017. Angka ini kemudian bertambah dengan menargetkan penggunaan jaringan wireless dan 4G kepada 99 persen populasi di 2018.

"Akses broadband yang cepat bukan lagi hal yang mewah. Ini sama pentingnya dengan suplai listrik memadai bagi konsumen di Inggris Raya," kata Dominic Baliszewski dari situs BroadbandChoices.

Asia Lebih Cepat

Untuk akses internet tercepat, Asia tampaknya masih menjadi raja. Sebagai perbandingan, angka rata-rata kecepatan internet via mobile dengan fixed broadband di tiga negara Asia tercatat sebagai yang tercepat.

Dilansir dari laman ZDNet, penyedia layanan konten Akamai menyebut Hong Kong sebagai negara dengan akses internet tercepat. Rata-rata akses internet di Hong Kong mencapai 49,2 Mbps.

Sedangkan tempat kedua ditempati Korea Selatan dengan kecepatan rata-rata 47,8 Mbps. Jepang berada di tempat ketiga dengan kecepatan rata-rata 39,5 Mbps.
http://tekno.liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar